Yoga for Kids

Yoga adalah sebuah sistem tentang kesehatan yang menyeluruh yang telah ada sejak berabad – abad silam. Telah banyak orang menggunakan yoga sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran, juga untuk mempelajari cara – cara untuk rileks dan meningkatkan konsentrasi.

Khususnya bagi anak – anak, berlatih yoga akan melatih kekuatan, kelenturan, dan keseimbangan tubuh. Berlatih yoga juga mengajarkan cara – cara berkonsentrasi dan memusatkan perhatian hanya pada satu hal. Ini akan membantu mereka untuk menyerap pelajaran lebih baik, dirumah ataupun di sekolah. Menurut psikolog Gordon Stoke, 80 persen permasalahan di sekolah timbul karena stres. Oleh karenanya atasi dulu stres maka kesulitan akan teratasi.

Dipercaya bahwa berlatih yoga sejak dini akan memberikan kepercayaan diri dan kontrol diri yang lebih baik saat mereka dewasa. Juga, akan memperluas kesadaran dan meningkatkan empati anak – anak pada segala hal yang ada disekitarnya. Dan yang terpenting, yoga sangat menyenangkan untuk dilakukan. Anak – anak akan dengan mudah menyukai dan menikmati berlatih yoga.

Berlatih yoga untuk anak-anak memfokuskan pada teknik-teknik yoga yang akan :

l Meningkatkan kekuatan otot tubuh, membuatnya menjadi kuat, lentur, dan rileks.

l Menyeimbangkan produksi hormonal dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga meningkatkan kesehatan secara menyeluruh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

l Mengolah tulang punggung dan sistem syaraf pusat. Meningkatkan koordinasi tubuh.

l Memperdalam napas. Meningkatkan asupan oksigen yang akan melancarkan kinerja organ tubuh, juga meningkatkan konsentrasi dan ketenangan pikiran.

l Memberi sensasi feel good, meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan untuk berekspresi sehingga dapat mengoptimalkan minat dan bakat yang dimiliki.

Selain itu, yoga untuk anak-anak di rancang sedemikian rupa agar terasa menyenangkan dan menarik untuk diikuti anak-anak, dengan menggabungkan teknik-teknik yoga dengan story telling, art & craft activity, dan yoga games.

 

Anak – anak akan berlatih yoga yang memfokuskan pada:
• Menggunakan postur – postur yoga sebagai cara untuk mempelajari anatomi tubuh manusia, lingkungan, maupun ilmu-ilmu lainnya ( matematika, ilmu pengetahuan, ekologi, dsb ). Menjelaskan bagaimana teknik yoga tertentu dapat memberikan manfaat bagi fisik maupun mental.
• Menyeimbangkan aktivitas otak kiri dan kanan. Melakukan aktivitas yoga yang dapat meningkatkan keseimbangan tubuh dan pikiran, serta meningkatkan kemampuan motorik kasar dan halus anak – anak sama hal nya dengan brain gym
• Melakukan yoga games yang mendukung kerjasama serta pola pikir ’win- win’.
• Menggunakan affirmation ( kalimat – kalimat peneguhan ) sebagai pesan positif yang akan memicu hadirnya rasa tentram, damai, cinta dan kasih sayang pada diri anak – anak.
• Menggunakan teknik – teknik yoga yang bersifat introspektif seperti meditasi, konsentrasi, fokus, bernapas, dan relaksasi, sebagai cara untuk melatih anak- anak menggunakan teknik yoga untuk menenangkan diri dan memusatkan perhatiannya.

 

Kelas yoga untuk anak – anak di bagi menjadi beberapa katagori :

• Toddler / balita 3 – 5 tahun ( usia prasekolah & TK )

• Kids 6 – 12 tahun ( usia sekolah dasar )

• Early teens 13 – 13 tahun ( remaja awal )

Di akhir sesi yoga selain anak2 di ajarkan untuk lebih relaks dan  konsentrasi, anak – anak  juga di ajarkan ttg bagaimana kita harus peduli satu sama lain,  kepedulian itu tidak hanya kepada orang tua maupun guru di sekolah tetapi dengan teman sebaya dan lingkungan sekitar. Selain melakukan gerakan – gerakan senam pada  kelas yoga ada pelajaran moral behaviour yang kita ajarkan kepada anak.



Comments are closed.